Don't Miss
Loading...
Monday, January 28, 2013

Manfaat Sarapan dan Akibat Tidak Sarapan


Sarapan, seringkali disepelekan oleh sebagian orang karena kesibukannya. Banyak orang yang mual setelah sarapan karena tidak terbiasa. Alasan terburu-buru dan ingin menurunkan berat badan kadang membuat orang mengabaikan saran. Mengabaikan sarapan berarti Anda menanggung risikonya? Tahukah Anda manfaat sarapan itu?
Manfaat Sarapan :
  1. Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas.
    Untuk sarapan, seringkali kita memilih nasi ataupun roti. Baik nasi maupun roti sama-sama mengandung glukosa yang akan diserap oleh sel untuk dijadikan energi. Selain itu, sarapan juga bisa membuat mood kita agar lebih bagus.
  2. Sarapan membantu mengontrol berat badan.
    Sudah sering dibuktikan bahwa sarapan di pagi hari bisa membantu mengontrol berat badan. Apa sebabnya? Dibandingkan dengan orang yang tidak makan sarapan di pagi hari, orang cenderung makan banyak saat makan siang. Hal ini tidak bagus, lebih baik makan dalam porsi sedikit tetapi sering.
  3. Mempererat rasa kekeluargaan.
    Sarapan bersama keluarga berarti ada banyak hal yang bisa didiskusikan selama makan. Penelitian juga membuktikan bahwa keluarga yang sarapan bersama-sama mempunyai ikatan emosi lebih kuat dibanding dengan keluarga yang sarapan sendiri-sendiri.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres.
    Riset membuktikan bahwa karyawan yang tidak sempat sarapan cenderung rentan mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung lebih bahagia dan lebih menikmati pekerjaannya.
  5. Membuat lebih sehat.
    Rajin sarapan membuat asupan vitamin yang dikonsumsi lebih banyak daripada orang yang tidak rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, makanan yang kita makan selama sarapan mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, D, E serta zat besi dan kalsium.
  6. Meningkatkan memori dan konsentrasi
    Sarapan yang sehat dapat memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan, meningkatkan memori dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  7. Meningkatkan daya kerja
    Sarapan yang bergizi dan penuh akan vitamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya kerja.
  8. Sarapan meningkatkan kekuatan dan ketahanan stamina saat beraktifitas, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan menyelesaikan masalah.
  9. Sarapan membuat koordinasi yang baik antar panca indera, mengontrol berat badan, mengurangi kelelahan dan mengantuk saat beraktifitas…
Lalu, tahukah anda apa akibatnya jika kita jarang sarapan?
  1. Saat perut kosong karena tak sarapan tubuh tidak akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk efisiensi di pagi hari. Sehingga pada saat jam 10-11 siang akan timbul kelelahan dan kelaparan yang mengganggu kerja.S
  2. Seseorang yang melewatkan sarapan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi, khususnya di jam-jam sebelum makan siang.
  3. Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadarnya akan menjadi berkurang, yang mengakibatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu.
  4. Akibat nyata tidak sarapan badan menjadi lemas, kepala pusing, mengantuk, letih dan lesu, serta berpengaruh pada daya konsentrasi dalam berpikir dan bekerja.
  5. Anda bisa saja terkena penyakit mag jika jarang sarapan

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Back to Top