Don't Miss
Loading...
Tuesday, May 7, 2013

Di Minggu Ini Gerhana Matahari Cincin Akan Muncul


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi pada 9-10 Mei 2013.

Berdasarkan situs resmi BMKG yang dilansir di Jakarta, Jumat, menyebutkan gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara dan Filipina bagian Selatan.
 
Di Minggu Ini Gerhana Matahari Cincin Akan Muncul, BMKG Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, GMC...

Di Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.

Fase GMC, di mana gerhana mulai pada 21 25.1 UT, gerhana cincin mulai di 23 32.6 UT, dan puncaknya pada 00 19.6 UT, gerhana cincin berakhir 02 17.8 UT serta gerhana berakhir pada 03 25.3 UT.

Namun, waktu untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut, karena tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Sementara puncak gerhana juga bisa dilihat masyarakat di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Gerhana matahari adalah fenomena alam di mana terhalanginya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Peristiwa tersebut terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan dan hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

9 komentar:

  1. infonya bagus, menarik dan keren banget sob. kunjungi balik ke blog saya www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. thanks gan info nya...
    http://aiizahh.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mantap infonya gan
    follow up kawan http://riyfr.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Nice post kk , makasih yah jadi tau tentang "Di Minggu Ini Gerhana Matahari Cincin Akan Muncul" nti saya liat deh hehe

    comen back ke http://aldenherdiana.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. katanya sih tadi pagi udah muncul ya
    tapi gak tau juga ane gak liat hehehe

    visit back ya jika berkenan :)
    http://manga-fever.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya gan mau liat malah ketiduran... b-(

      Delete

 
Toggle Footer
Back to Top