Don't Miss
Loading...
Sunday, March 31, 2013

Apa Itu Google Panda dan Google Penguin Serta Cara Kerjanya ?

1:26 PM
Apa Itu Google Panda dan Google Penguin Serta Cara Kerjanya ?

Google merupakan pemimpin dan pioneer dalam hal pencarian di internet. Dalam beberapa tahun terakhir Google berhasil menguasai sekitar 2/3 saham dalam dunia internet dan terus memaksimalkan kecerdasan mesin pencarinya, Sebagai contoh, baru beberapa bulan google mengupdate algoritma google Panda lama setelah itu sekitar 3 bulan kemudian kembali google mengupdate yang namanya google penguin. Google Panda saja sudah cukup ditakuti oleh pengelola situs, dan di tambah lagi update google penguin sekitar akhir April kemaren. Banyak situs yang terkena efek dari update google panda dan penguin ini.

Nah, kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Mengapa harus ada google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (search engine result page) sebuah situs? Disini saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin tersebut, yang saya sarikan dari berbagai sumber. Mungkin bagi sebagian sobat blogger pemula masih bingung, karena itulah kita wajib mengetahui istilah ini.



Google Panda dan google penguin di luncurkan google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Karena banyak keluhan yang disampaikan pengguna google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO dalam mengoptimasi situsnya. Nah disinilah maka google terus-menerus mengupdate teknik algoritma mesin pencarinya termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.


Tentang Google Panda

Google Panda adalah Algoritma terbaru mesin pencari google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini. Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.


Mengenai Google Penguin

Google Penguin adalah lanjutan dari update google panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia. Sebelum rilis, Google mengatakan;
In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at web spam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We’ve always targeted web spam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content. While we can’t divulge specific signals because we don’t want to give people a way to game our search results and worsen the experience for users, our advice for webmasters is to focus on creating high quality sites that create a good user experience and employ white hat SEO methods instead of engaging in aggressive webspam tactics.

Kalo boleh saya mengartikan kurang lebih seperti ini;
Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah algoritma baru yang ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat sebuah situs yang diindikasikan telah melanggar pedoman google. Kami selalu menargetkan web spam dalam rangking google dalam upaya mengurangi web spam dan menyajikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk mempermainkan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode white hat SEO bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif.

Dengan beberapa update algoritma google ini, sudah banyak situs-situs yang dihukum sehingga turun peringkatnya di google search, penurunan traffic kunjungan dan turunnya pula pagerank situs / blog mereka. Dan situs-situs yang benar-benar menyajikan konten berkualitas dan orisinal telah merasakan keuntungan dari algoritma google ini.


Bagaimana cara kerja google panda?

Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.


Apa itu content farm?

Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.


Apa akibatnya jika google mengetahui sebuah web menggunakan content farm?

  • Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian google.
  • Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari google.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin, efek serta pengaruhnya terhadap blog kita serta blog seperti apa yang berpotensi terkena dampak algoritma terbaru google ini. Mudahan sobat bisa memahami kata-kata saya. hehehe. Salam Blogger.


9 komentar:

  1. mantab gan, ane baru tau nih, nice post... :)

    ReplyDelete
  2. oh, jadi di sini google panda dan pinguin seperti kepolisian lalu lintas yang mengatur para blog.
    terima kasih atas informasinya. jadi harus waspada nih, buat yang spammer abis

    Anda mempunyai pengunjung setia ..
    menyereading.blogspot

    ReplyDelete
  3. Ulasan yang sangat menarik sob..
    Harus lebih hati" lagi nih..

    ReplyDelete
  4. terima kasih informasinya kak :)

    ReplyDelete
  5. NGERI BRO ;(( mampir juga dong ke sini www.pemudamart.blogspot.com kasih komen ya barangkali berkenan di hati

    ReplyDelete
  6. Kalau Copas dengan Izin dan Link Sumber serta ada kata-kata yang diubah, itu kena Google Panda/Google Penguin nggak ? :d

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Back to Top