Don't Miss
Loading...
Sunday, March 31, 2013

Hal-Hal yang Menyebabkan Blog Terkena Google Panda

1:44 PM

Hal-Hal yang Menyebabkan Blog Terkena Google Panda

Oke, nah kira-kira mengapa situs atau blog kita bisa terkena dampak dari google panda dan google penguin tersebut? Ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan blog kita terkena dampak tersebut:

1. Over Optimasi
SEO yang berlebihan bisa jadi sesuatu yang kurang baik untuk blog kita.  Seorang blogger terkadang berlebihan dalam hal ini. Misalnya ketika berkomentar di blog-blog dofollow terlalu intensif, memang hal ini perlu namun lakukan secara wajar, dan imbangi pula dengan berkomentar di blog nofollow.

2. Kepadatan kata kunci yang tinggi.
Sebagai contoh adalah artikel blog yang terlalu banyak mengulang kata-kata dan kalimat yang sama, padahal isinya nol besar.  Ini berpotensi dianggap spam terkena dampak google penguin. Yang perlu dilakukan adalah dengan memperbanyak variasi kata bukan dengan mengulang-ulang kalimat yang sudah ada.

3. Virus dan malware
Misalnya kita akan membuka situs abc.com ternyata situs tersebut mengandung malware, sehingga google memberikan peringatan kepada kita sebelum masuk ke blog tersebut. Bahkan bisa saja blog kita di banned jika banyak laporan mengenai adanya malware di blog kita. Untuk mengetahuinya silakan masuk ke akun Google webmaster tools, disitu akan diketahui ada tidaknya virus atau malware tersebut.

4. Tingginya bounce rate.
Bisa dibilang bounce rate adalah rasio antara jumlah pengunjung dengan bukaan halaman (pageviews) postingan blog. Blog yang ringan, artikel menarik, unik dan menarik akan membuka lebih banyak peluang pageviews yang lebih tinggi. Begini, satu pengunjung yang masuk bisa jadi membuka lebih dari satu atau bahkan 10 postingan blog kita. Semakin banyak pengunjung membuka postingan kita, maka semakin rendah tingkat bounce rate blog kita. Ada rumus tertentu untuk menghitungnya, sehingga jika bounce rate semakin rendah, maka semakin bagus pula blog sobat di mata google. Semakin tinggi bounce rate, semakin berisiko blog kita terkena dampak google panda dan penguin dan terlempar jauh ke halaman belakang google search. Sobat bisa melihat ini di statistik blog, sebagai contoh sobat bisa menggunakan layanan gratis google analytics. Cara mengatasinya ialah dengan membuat artikel menarik dan loading blog yang ringan agar pengunjung betah.

5. Duplikasi Konten 
Kesamaan judul dan seluruh isi artikel juga bisa berdampak terhadap blog kita. Karena itu jangan copas mentah-mentah isi postingan blog orang lain. Google sekarang sudah sangat cerdas, dan sangat membenci yang namanya duplikasi artikel alias copy paste artikel. Lantas bagaimana jika postingan kita original buatan sendiri namun tidak masuk halaman awal google, dan dicopas oleh blog lain tapi masuk halaman pertama misalnya? Saran saya silakan laporkan blog copas ke dmca google. 

6. Ada link blog kita dari atau ke Blog maupun Website yang sudah di Banned oleh Google
Ini juga menjadi polemik, kita harus hati-hati dan harus tau, apa saja blog yang terkena banned oleh google, jadi jangan asal tancap link. Kita tidak tahu bahwa tancapan link itu justru kita letakkan di blog yang sudah terkena banned oleh google.

7. Banyak Broken Link
Broken Link paling di benci google panda, ketika sebuah blog terdapat banyak broken link, maka bersiaplah mendapat pinalty google, mengapa ini terjadi? Jelas alasannya, Membuat kecewa pembaca. Ntah apa jadinya ketika anda memberikan link kepada pembaca tapi ternyata link itu gak ada atau mati, lalu kesalkah orang tersebut? Jika iya, begitu juga dengan google.

8. Terditeksi dengan IP yang sama
Anda nyepam di blog dengan IP yang sama seperti di blogspot anda nyepam dimana-mana, nah ini juga akan kena imbas pinalty google.

9. Internal Link yang berlebihan sehingga menjadi link scheme
Internal link itu penting tapi jika berlebihan ternyata berakibat fatal. Bagaimana tidak, PINALTY GOOGLE hadiahnya. Kita harus bijak memberikan internal link, jangan sampai internal link itu justru menjadi bumerang untuk blog kita sendiri. Untuk mensiasati hal ini, anda harus membuat internal link untuk tulisan yang setema.

10. Meniru atau mencontek domain tertentu
Ini juga di benci google, misalnya anda punya blog cabe, kemudian anda membuat blog yang notabenenya punya orang lain temanya, misalnya anda jadi buat blogcabemanis. Ini jelas bahaya karena google akan menfinalty anda sebagai plagiat domain.

11. Menyembunyikan Link atau hidden link
Anda ingin menipu, maka google juga akan memberikan hadiah yakni pinalty google. Menyembunyikan link tidak saja membuat pembaca jadi kebingungan, namun juga terkesan menipu, lalu sangatlah pantas jika penipu kena pinalty google. 

Dan masih banyak lagi, Intinya adalah kita buat artikel yang berkualitas, tidak menipu pembaca dan tidak membingungkan pembaca. Demikian sedikit penjelasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan blog terkena google panda . Mudahan sobat bisa memahami kata-kata saya. hehehe. Salam..


11 komentar:

  1. wawasan ilmu yang sangat bermanfaat. makasih mas :>)

    ReplyDelete
  2. hahahhaa--saya dah dua kali gan kena-- tapi alhamdulillah mbah Google berbaik hati mengembalikan blog saya

    ReplyDelete
  3. .Penuh dengan informasi ni blog, hebat gan teruskan informasinya biar semua orang pintar hhe..

    ReplyDelete
  4. wah kyk sepak bola aja nie google,, pke pinalty segala :>)

    8. Terditeksi dengan IP yang sama
    Anda nyepam di blog dengan IP yang sama seperti di blogspot anda nyepam dimana-mana, nah ini juga akan kena imbas pinalty google. -->> yg ini kurang paham sob..

    (o)

    ReplyDelete
  5. cuman mau nanya gan...
    kalo blog ini sendiri gimana?? saya perhatikan tiap postingan selalu ada tulisan sumber (meski ukuran font kecil) saya cek ke link sumber kok isinya 100% copas??? agan sendiri gak takut kena amukan google??
    Just asking, No offense... :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha...
      sebenernya masalah takut atau tidaknya itu urusan blakangan, yg penting kan slalu jaga etika dalam blogging meskipun artikel kopas, tapi saya tetep kok tdk menceklis rel=nofollow, jadi kalau blog yg saya kopas itu malah akan dpt backlink dari saya...
      happy blogging... :)

      Delete
  6. mantab...
    http://www.produsensusukambingbubuk.com/
    http://www.produsensusukambing.com/

    ReplyDelete
  7. mantap gan, jdi tmbah tahu ane, tks gan

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Back to Top